30 June 2010

Enkripsi Vigenere Chiper dalam JDBC

Teknologi basic database dalam Java, JDBC, merupakan teknologi pengolah database yang dapat dipelajari dengan mudah. Dan dalam skripsi yang saya kerjakan JDBC ini dikaitkan dengan adanya fitur enkripsi. Fitur enkripsi yang saya pakai untuk mengamankan data dalam tabel adalah Vigenere Cipher.

Kasus
Dalam kasus yang saya hadapi adalah teknologi jdbc vigenere ini digunakan untuk mengenkripsi data dalam tabel yang panjang datanya terbatas. Kebanyakan fitur enkripsi modern seperti DES, atau AES, memiliki hasil enkripsi yang panjang karakternya lebih panjang dari panjang karakter data asli, meskipun memakai kunci yang dengan panjang karakter yang sedikit.

Pilihan Vigenere
Dari sisi pertimbangan lingkungan kerja database.
Saya menggunakan vigenere sebagai metode enkripsi dalam jdbc ini karena hasil enkripsinya memiliki panjang karakter yang sama dengan data asli.

Untuk refrensi teknis dan data pustaka enkripsi Vigenere itu sendiri saya peroleh dari beberapa sumber di internet. Referensinya antara lain :
1. Source Vigenere pada Java di forum.sun.com
2. Data Object Vigenere pada Kelas yang dimiliki Java
3. Contoh Java Vigenere Applet

1 comment:

the blog owner said...

Untuk contoh implementasi vigenere terhadap teks biasa dapat dilihat refrensinya pada Kriptografi dengN Vigenere dan TEA