01 July 2010

Enkripsi Vigenere Cipher pada JDBC - Part 2

Dalam posting sebelumnya dikondisikan sebuah kasus dimana pemilihan vigenere ini dilakukan karena mempertimbangkan panjang karakter hasil enkripsi. Dan setelah berkonsultasi dengan dosen pembimbing, berkaitan dengan hal ini ternyata ada suatu hal penting yang bisa menjadi hal penting dalam teknik variasi kriptografi.

Poin penting dalam enkripsi vigenere terhadap jdbc ini adalah :
Pada beberapa implementasi kripografi yang diberikan terhadap database, yang sudah sering dilakukan, adalah dengan memberikan penyandian data pada saat data akan disimpan. Dalam teknis querynya adalah enkripsi dilakukan pada saat data diberi query insert into. Contohnya adalah insert into "namatabel" values (enkripsi("nilai yang akan disimpan dalam database")). Teknik implementasi enkripsi database ini, atau bisa disebut translucent database, merupakan teknik yang berguna saat pembuat sistem sudah merencanakan sebuah sistem database yang wajib diberi perlindungan enkripsi. Teknik ini berguna untuk database yang masih kosong, sehingga sejak awal penyimpanan data, sudah dilakukan enkripsi.

Ketika dilakukan implementasi enkripsi pada "insert into", maka data yang disimpana setelah adanya penambahan modul enkripsi tersebut akan terenkripsi. Tetapi bagaimana dengan data yang sudah ada dalam database sebelum si pemilik atau si pembuat sistem berpikir untuk memberikan perlindungan.
Dalam hal ini harus dilakukan pengisian ulang data yang dengan menggunakan "insert into" yang sudah diberi modul enkripsi. Tentunya kasus ini menimbulkan kerugian bagi si pemilik dan pembuat sistem database.

Teknik enkripsi database, atau translucent database, yang diumplementasikan di skripsi ini adalah dengan menggunakan teknik query select, enkripsi, lalu update database menjadi cipherteks.

Referensi :
Yos Richard Beeh

4 comments:

andreasvictor said...

untuk proteksi "jtextfield numbers only" masuk dalam java2s accept number only

bepung said...

ehem... eskom nih yee....

Victor's Site said...

hehehehe yang memberi referensi memberi komen sendiri, jadi malu neh kak... :)

hanum said...

terkait dengan penerapan enkripsi, bisa diunduh artikel berikut http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2274/1/01-03-010-Penerapan%5BRangga%5D.pdf