09 August 2009

Capoeira Camp Senzala 2009

Wuih cape juga ikut Capoeira Camp dari Grupo Senzala Jogja. Dan sudah ditebak acara di Situs Candi Boko itu bakalan rame bgt pesertanya, dan yg pasti aku nggak ngitung bgt ampe pusingin brp jmlah peserta,
yang pasti ngitungin aja berapa kali di acara itu aku makan...(^_^)...

Acara ini dilakuin dari tanggal 8 - 9 Agustus 2009 di Jogjakarta.
Materi yang sudah disampaikan ada puxada de rede dan sedikit skill dalam olahraga jujitsu.

Kesimpulan dan hasil buat aku sendiri dari Capoeira Camp ini :
1. Setelah melihat bagaimana perkembangan Capoeira Indonesia sejak tahun 1999 oleh Mas Noko dkk, aku jadi semakin terbuka pikirannya. Aku jadi semakin terpacu untuk tetep semangat di capoeira ini jadi pengin makin berkembang deh pokoknya. Tapi semangat ini gak cuma untuk capoeira aja, tapi lebih ke semangat yang bisa jadi motivasi tersendiri. Perjalanan mas noko dkk tersebut sudah menunjukkan bagaimana seseorang itu memperjuangkan sesuatu dengan kreatifitas dan "kegilaan" nya masing - masing.

2. Histori terbentuknya capoeira Indonesia memberi kesan tersendiri, setiap capoeira yang ada di Jawa, atau Indonesia umumnya berakar pada satu hal, yaitu keinginan yang kuat untuk bercapoeira itu sendiri. Jadi dalam setiap grupo, meskipun filosofi dan paham capoeiranya berbeda - beda tetapi tetaplah intinya keinginan untuk bercapoeir. Dan tidak seharusnya jika setiap grupo terlalu dengan secara tidak sehat melakukan idelisme dengan sedikit meremehkan grupo capoeira lain. Setiap grupo seharusnya saling mensuport, karena itulah seni dari capoeira itu sendiri. Komunitas yang fun, gembira dan saling menyuport dengan penuh kekeluargaan.

3. Sebagai manusia kita harus hidup dengan menghargai segala sesuatu meskipun itu terlihat sepele. Contohnya kas. Dalam capoeira ternyata yang namanya kas sangatlah penting. Tetapi penting di sini bukan berarti adalah uang segalanya demi grupo, tetapi lebih ke arti bahwa kas ini dianggap sebagai suatu pembentukan budaya untuk menghormati dan menghargai capoeira itu sendiri. Jadi capoeira itu adalah suatu skill yang harus dihargai, dan jangan senang hidup dalam dilema gratisan.

Wah udah itu kyknya kesimpulan dan yang ada di pikiranku setelah ikut capoeira camp 2009 ini.

Salve!!!!!!!!
God Bless Us...

No comments: